Apa Itu Akuaponik? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

Apa Itu Akuaponik? Pengertian akuaponik adalah salah satu jenis berkebun yang menggunakan ikan untuk menghasilkan makanan. ini adalah sistem sederhana yang melibatkan dua sistem di mana air dan kerikil digunakan bersama untuk menanam sayuran dan buah-buahan.

Aquaponik telah ada selama beberapa waktu dan memiliki banyak manfaat bagi mereka yang ingin meningkatkan bisnis mereka.

Jenis pertanian ini bisa lebih berkelanjutan daripada metode lain karena bergantung pada siklus alami yang tidak bergantung pada apa pun yang buatan atau tidak berkelanjutan.

Selain itu, akuaponik dapat dengan mudah disesuaikan dengan iklim apa pun, menjadikannya sistem yang ideal untuk pertanian atau bisnis yang lebih besar.

Sistem ini berbasis taman di mana anda tidak perlu menggunakan nutrisi kimia seperti AB Mix. akuaponik menghasilkan semua makanan yang anda butuhkan dalam satu sistem sederhana.

Akuaponik memanfaatkan proses alami fotosintesis untuk menghasilkan air yang bersih dengan menggunakan limbah dari budidaya ikan sebagai pupuk organik.

Sistem ini dapat digunakan dalam skala kecil untuk membuat sistem drop-in untuk berkebun, bertani atau produksi pangan.

Sistem akuaponik mudah diatur, dalam skala kecil atau besar. Mereka dapat digunakan di tangki ikan, sangkar burung atau kebun sayur. Sistem akuaponik sangat efisien dan membutuhkan sedikit lahan.

Kenapa Harus Menggunakan Akuaponik

Apa Itu Akuaponik
Ilustrasi
  1. Pada sistem akuaponik, nutrisi hidroponik yang cukup mahal telah digantikan dengan kotoran ikan sebagai nutrisi bagi tanaman. Ini adalah cara bertani yang lebih ramah lingkungan karena tidak membutuhkan air dan dapat dijalankan dengan listrik. kotoran ikan juga rendah bau dan memiliki rasa yang sangat kuat yang membuatnya menjadi pupuk yang ideal untuk tanaman.
  2. Perawatan aquaponik sangat mudah karena hanya melibatkan beberapa langkah sederhana. Anda hanya perlu menempatkan ikan anda dalam sistem akuaponik dan biarkan mereka berkembang!
  3. Sistem akuaponik lebih produktif daripada kebun tradisional karena menggunakan lebih sedikit air dan menghasilkan lebih banyak sayuran dan ikan.
  4. Akuaponik merupakan cara yang bagus untuk mengurangi input dan emisi karena tidak memerlukan pestisida atau herbisida. ini juga membutuhkan tanah atau air yang sangat sedikit, sehingga mudah dipasang dan dirawat.
  5. Solusi bagi petani untuk mencari cara bercocok tanam yang lebih efisien sehingga dapat menghindari kekurangan air di kemudian hari.
Baca:  Apa Itu Hortikultura: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Contoh

Kelebihan Akuaponik

  1. Tidak membutuhkan tanah, cukup menggunakan wadah.
  2. Aquaponik tidak bergantung pada cuaca untuk pertumbuhannya.
  3. Akuaponik juga membutuhkan lebih sedikit air, yang dapat menghemat hingga 90% air tergantung pada ukuran tanaman atau kolam.
  4. Aquaponik tidak memerlukan penggunaan pestisida, yang menghilangkan kebutuhan bahan kimia berbahaya dalam sistem berbasis pertanian.
  5. Selain itu, Aquaponik bebas dari tanaman pengganggu dan gulma yang menjadikannya pilihan yang lebih berkelanjutan.

Kekurangan Akuaponik

Ada beberapa kelemahan akuaponik, tetapi kelemahan terbesarnya adalah mahalnya pemasangan dan membutuhkan listrik.

Akuaponik juga tergantung pada ketersediaan air, yang mungkin sulit di beberapa daerah.

Selain itu, pemeliharaan ekstra mungkin diperlukan untuk menjaga sistem berjalan dengan lancar.

Contoh Tanaman Akuaponik

Tanaman akuaponik adalah tanaman yang memanfaatkan air untuk menumbuhkan makanan dan menciptakan ekosistem alami.

Mereka bekerja paling baik bila dikombinasikan dengan ikan karena mereka dapat memberikan nutrisi dan air yang dibutuhkan untuk pertumbuhan.

Beberapa contoh Tanaman Akuaponik antara lain : Kangkung, Selada, Pakcoy.

Kangkung

Kangkung adalah jenis tanaman akuaponik yang tumbuh paling baik dalam sistem dengan ikan. Ikan memakan ganggang yang tumbuh di tanaman, sementara air membantu menciptakan lingkungan di mana ikan dapat berkembang.

Selada

Selada bisa menjadi contoh yang bagus dari Tanaman Akuaponik. Selada membutuhkan air untuk tumbuh, tetapi juga membutuhkan sinar matahari dan udara untuk melakukannya. Ketika dicampur dengan ikan, selada dapat menciptakan ekosistem yang menyediakan semua itu.

Pakcoy

Ini adalah Tanaman Akuaponik hebat yang tumbuh paling baik dalam sistem dengan ikan. Ikan memakan ganggang yang tumbuh pada tanaman, sementara air membantu menciptakan lingkungan di mana ikan dapat berkembang.

Tentang Penulis
Omar Gamani Ramadan

Seorang sangat termotivasi untuk mempelajari hal-hal tentang dunia pertanian. Menjadi mahasiswa yang aktif, pekerja keras, dan rajin. Dan ingin menjadi orang yang mampu bekerja dengan tim dan selalu bersedia berkontribusi untuk mencapai kesuksesan.

Sebarkan:

Tinggalkan komentar