Apa itu Bipolar? Tips dan Pengobatan

Apakah Anda pernah mendengar istilah bipolar? Atau mungkin Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala ini? Bipolar adalah kondisi kesehatan mental yang ditandai dengan perubahan mood yang ekstrem, yang dapat berupa episod mania atau hipomania dan episode depresi. Mari kita bahas lebih lanjut apa itu bipolar dan bagaimana itu dapat diobati.

Apa itu Bipolar?

Bipolar adalah kondisi kesehatan mental yang ditandai dengan perubahan mood yang ekstrem. Ini sering dikenal sebagai “gangguan afektif bipolar” atau “manic-depressive illness.” Pada episode mania atau hipomania, seseorang mungkin merasa sangat senang, energik, dan produktif, sementara pada episode depresi, dia mungkin merasa sangat sedih, letih, dan tidak memiliki minat dalam aktivitas yang biasanya menyenangkan.

Gejala Bipolar

Gejala mania atau hipomania dapat meliputi:

  • Euforia yang berlebihan
  • Keinginan untuk terus berbicara dan tidak dapat diredakan
  • Pikiran yang berputar
  • Kurang tidur namun masih merasa segar
  • Keserakahan, keinginan untuk berinvestasi atau berhutang

Gejala depresi dapat meliputi:

  • Kesedihan yang berkepanjangan
  • Kehilangan minat dalam aktivitas yang biasanya menyenangkan
  • Sulit tidur atau terlalu banyak tidur
  • Kehilangan berat badan atau naik berat badan
  • Kesulitan untuk berfokus atau membuat keputusan

Penyebab Bipolar

Penyebab pasti dari bipolar belum diketahui, namun para ahli percaya bahwa faktor genetik, biologis, dan lingkungan dapat memainkan peran dalam perkembangan kondisi ini. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan dalam tingkat neurotransmitter atau hormon di otak dapat menyebabkan perubahan mood yang ekstrem pada orang dengan bipolar. Penyebab lain yang mungkin berperan termasuk stres, trauma masa lalu, dan faktor lingkungan.

Baca:  Apa Itu PMI: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Diagnosis

Untuk menegakkan diagnosis bipolar, dokter atau ahli kesehatan mental akan melakukan pemeriksaan fisik dan melakukan wawancara untuk mengetahui riwayat kesehatan mental seseorang. Mereka juga akan mengevaluasi gejala yang dirasakan seseorang dan menentukan apakah gejala tersebut sesuai dengan kriteria diagnostik dari bipolar.

Pengobatan

Beberapa pilihan pengobatan yang tersedia untuk orang dengan bipolar meliputi:

  • Obat-obatan: Antidepressan, antipsikotik, dan lithium dapat digunakan untuk mengontrol episode mania atau depresi.
  • Psikoterapi: Terapi diri atau terapi kelompok dapat membantu seseorang untuk mengatasi masalah emosional dan belajar cara mengatasi episode mania atau depresi.
  • Pengobatan elektrokonvulsif (EKG): Pada beberapa kasus, EKG dapat digunakan untuk mengobati episode mania yang parah.

Perawatan yang tepat dapat membantu orang dengan bipolar untuk mengontrol gejala mereka dan meningkatkan kualitas hidup mereka. Namun, beberapa orang mungkin memerlukan perawatan yang lebih intensif, seperti rawat inap di rumah sakit.

Kesimpulan

Bipolar adalah kondisi kesehatan mental yang ditandai dengan perubahan mood yang ekstrem. Ini dapat diobati dengan berbagai pilihan pengobatan, termasuk obat-obatan, psikoterapi, dan pengobatan elektrokonvulsif. Dengan perawatan yang tepat, orang dengan bipolar dapat mengontrol gejala mereka dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Tentang Penulis
Omar Gamani Ramadan

Seorang sangat termotivasi untuk mempelajari hal-hal tentang dunia pertanian. Menjadi mahasiswa yang aktif, pekerja keras, dan rajin. Dan ingin menjadi orang yang mampu bekerja dengan tim dan selalu bersedia berkontribusi untuk mencapai kesuksesan.

Sebarkan:

Tinggalkan komentar