Apa itu Flowchart: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Flowchart adalah sebuah diagram yang digunakan untuk menunjukkan alur kerja atau proses dari suatu sistem atau program. Flowchart dapat digunakan dalam berbagai bidang, seperti teknologi informasi, manajemen, bisnis, dan lain-lain. Flowchart juga dapat digunakan untuk menyajikan informasi dengan jelas dan mudah dipahami.

Cara Membuat Flowchart

Untuk membuat flowchart, pertama-tama kita perlu menentukan tujuan dari flowchart tersebut. Tujuan ini akan menentukan bagaimana alur kerja atau proses yang akan digambarkan dalam flowchart. Kemudian, kita perlu menentukan simbol-simbol yang akan digunakan dalam flowchart. Simbol-simbol ini akan digunakan untuk menunjukkan tahapan-tahapan dalam proses yang digambarkan.

Setelah itu, kita dapat mulai menggambar alur kerja atau proses yang akan digambarkan dalam flowchart. Kita dapat mulai dari tahap awal dan menggambar tahap selanjutnya sesuai dengan alur kerja atau proses yang akan digambarkan. Setiap tahap dalam flowchart dapat dihubungkan dengan tahap lainnya menggunakan panah untuk menunjukkan alur kerja atau proses yang dijelaskan.

Selain itu, dalam membuat flowchart kita juga dapat menambahkan keterangan pada setiap simbol yang digunakan. Keterangan ini akan memberikan deskripsi lebih rinci tentang tahapan yang digambarkan dalam flowchart tersebut.

Contohnya, jika kita akan membuat flowchart untuk proses pengajuan kredit di sebuah bank, maka kita dapat menggunakan simbol-simbol seperti oval untuk tahap awal dan akhir, segitiga untuk aktivitas atau proses, dan persegi panjang untuk decision point (tahap dimana pengambilan keputusan diperlukan). Kemudian kita akan menghubungkan simbol-simbol tersebut dengan panah untuk menunjukkan alur proses yang harus dilakukan pelanggan dalam pengajuan kredit.

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Flowchart

Menggunakan flowchart memiliki beberapa manfaat dan keuntungan, di antaranya:

  • Mempermudah pemahaman proses atau alur kerja
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam mengeksekusi suatu proses
  • Memudahkan identifikasi dan pemecahan masalah
  • Mempermudah komunikasi dan koordinasi antar tim
Baca:  Pengertian Distribusi Tidak Langsung: Jenis & Keuntungan

Selain itu, flowchart juga dapat digunakan untuk mengevaluasi suatu proses dan mencari cara untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses tersebut. Flowchart juga dapat digunakan untuk menyajikan informasi yang lebih jelas dan mudah dipahami, sehingga dapat mempermudah proses pengambilan keputusan.

Contohnya, sebuah perusahaan dapat menggunakan flowchart untuk mengevaluasi proses produksi dan mencari cara untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses tersebut. Dengan flowchart, perusahaan dapat dengan mudah menemukan tahap yang menjadi bottleneck dan mencari solusi untuk mengatasinya.

Selain itu, flowchart juga dapat digunakan untuk membuat mind mapping yang berguna untuk mengeksplorasi ide-ide dan menemukan solusi untuk masalah yang dihadapi.

Kesimpulan

Flowchart merupakan sebuah diagram yang digunakan untuk menunjukkan alur kerja atau proses dari suatu sistem atau program. Flowchart dapat digunakan dalam berbagai bidang dan memiliki beberapa manfaat seperti mempermudah pemahaman proses, meningkatkan efisiensi dan efektivitas, memudahkan identifikasi dan pemecahan masalah, serta mempermudah komunikasi dan koordinasi antar tim.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba menggunakan flowchart dalam proses kerja Anda?

Tentang Penulis
Omar Gamani Ramadan

Seorang sangat termotivasi untuk mempelajari hal-hal tentang dunia pertanian. Menjadi mahasiswa yang aktif, pekerja keras, dan rajin. Dan ingin menjadi orang yang mampu bekerja dengan tim dan selalu bersedia berkontribusi untuk mencapai kesuksesan.

Sebarkan:

Tinggalkan komentar