Apa Itu Watermark? Pengertian dan Fungsi Watermark

Watermark adalah tanda atau logo yang ditambahkan pada sebuah gambar atau video untuk menunjukkan bahwa gambar tersebut adalah milik seseorang atau suatu perusahaan. Watermark biasanya ditambahkan pada gambar atau video yang akan digunakan secara publik, seperti di situs web atau media sosial, untuk mencegah penyalahgunaan atau pembajakan.

Cara Membuat Watermark pada Gambar

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menambahkan watermark pada gambar, di antaranya adalah:

  • Menggunakan aplikasi pengeditan gambar seperti Adobe Photoshop atau Canva
  • Menggunakan situs web pembuat watermark seperti Watermark.ws atau Picmarkr
  • Menambahkan watermark secara manual dengan menggunakan teks atau logo pada gambar dengan aplikasi seperti Microsoft Paint

Keuntungan Menggunakan Watermark

Menambahkan watermark pada gambar atau video memiliki beberapa keuntungan, di antaranya adalah:

  • Mencegah penyalahgunaan atau pembajakan gambar atau video
  • Menunjukkan bahwa gambar atau video tersebut adalah milik seseorang atau perusahaan
  • Membuat gambar atau video terlihat lebih profesional

Kekurangan Menggunakan Watermark

Walaupun menambahkan watermark pada gambar atau video memiliki beberapa keuntungan, tetapi juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya adalah:

  • Watermark dapat dengan mudah dihapus atau disembunyikan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab
  • Watermark dapat mengurangi kualitas gambar atau video
  • Watermark dapat mengganggu estetika gambar atau video

Contoh Penggunaan Watermark

Salah satu contoh penggunaan watermark adalah pada gambar-gambar produk yang dijual di situs web e-commerce. Gambar-gambar tersebut ditambahkan watermark untuk mencegah penyalahgunaan atau pembajakan gambar oleh pihak yang tidak berwenang. Selain itu, watermark juga dapat digunakan pada foto-foto yang akan diterbitkan di media sosial atau situs web untuk menunjukkan bahwa foto tersebut adalah milik seseorang atau perusahaan.

Baca:  Panduan: Apa yang Dimaksud dengan Daftar Riwayat Hidup

Statistik Penggunaan Watermark

Menurut sebuah studi, sekitar 80% dari perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia menggunakan watermark pada gambar-gambar produk mereka untuk mencegah penyalahgunaan atau pembajakan. Selain itu, sekitar 60% dari fotografer profesional menambahkan watermark pada foto-foto mereka untuk menunjukkan bahwa foto tersebut adalah milik mereka.

Kesimpulan

Watermark adalah tanda atau logo yang ditambahkan pada sebuah gambar atau video untuk menunjukkan bahwa gambar tersebut adalah milik seseorang atau perusahaan. Watermark dapat digunakan untuk mencegah penyalahgunaan atau pembajakan gambar atau video. Namun, watermark juga memiliki kekurangan seperti dapat dengan mudah dihapus atau disembunyikan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan dapat mengurangi kualitas gambar atau video. Apakah Anda setuju dengan penggunaan watermark pada gambar atau video? Mengapa?

Tentang Penulis
Omar Gamani Ramadan

Seorang sangat termotivasi untuk mempelajari hal-hal tentang dunia pertanian. Menjadi mahasiswa yang aktif, pekerja keras, dan rajin. Dan ingin menjadi orang yang mampu bekerja dengan tim dan selalu bersedia berkontribusi untuk mencapai kesuksesan.

Sebarkan:

Tinggalkan komentar