Pengertian 4 Pilar Kebangsaan: Apa yang Harus Anda Ketahui

Apa yang Anda ketahui tentang 4 pilar kebangsaan? Apa tujuan dari 4 pilar ini?

4 pilar kebangsaan adalah landasan dari negara Indonesia yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. Kedua pilar ini dikembangkan untuk menjadi dasar dari negara Indonesia dan membantu dalam pembentukan identitas nasional.

Pancasila

Pancasila adalah dasar filosofis dari negara Indonesia yang terdiri dari 5 sila, yaitu: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

UUD 1945

UUD 1945 adalah dasar hukum negara Indonesia yang mengatur tentang sistem pemerintahan, hak-hak warga negara, dan hubungan negara dengan dunia luar.

Bhinneka Tunggal Ika

Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan negara Indonesia yang mengutamakan keragaman dalam kesatuan. Ini mengajarkan kita untuk menghormati perbedaan dan menemukan kesamaan di antara kita.

NKRI

NKRI adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merujuk pada sistem pemerintahan yang digunakan di Indonesia. Ini menjamin bahwa seluruh wilayah dan rakyat Indonesia diakui dan dihormati sebagai bagian dari satu negara yang utuh.

Mengetahui dan memahami 4 pilar kebangsaan ini penting untuk memahami identitas nasional kita dan bagaimana negara ini dikelola. Namun, ini juga menyiratkan tanggung jawab kita sebagai warga negara untuk menjaga dan memperkuat 4 pilar ini.

Apa manfaat dari memahami 4 pilar kebangsaan? Bagaimana cara kita memperkuat 4 pilar ini?

Memahami 4 pilar kebangsaan membantu kita untuk menjadi warga negara yang lebih bijak dan peduli. Hal ini juga memungkinkan kita untuk lebih menghormati perbedaan dan menemukan kesamaan di antara kita. Untuk memperkuat 4 pilar ini, kita dapat melakukan hal-hal seperti:

  • Menghormati Pancasila dan UUD 1945
  • Menghormati perbedaan budaya dan agama
  • Menghormati hak-hak warga negara lain
  • Menjaga kerukunan dan persatuan negara
Baca:  Apa Itu PMI: Pengertian, Fungsi, dan Manfaatnya

Selain itu, kita juga dapat mengambil bagian dalam aktivitas yang mengedukasi masyarakat tentang 4 pilar kebangsaan, seperti:

  • Menyebarluaskan informasi tentang 4 pilar kebangsaan
  • Menyelenggarakan kegiatan edukasi tentang 4 pilar kebangsaan
  • Menjadi contoh yang baik dalam menghormati 4 pilar kebangsaan

Menurut data dari Badan Pusat Statistik, persentase masyarakat Indonesia yang mengetahui dan memahami 4 pilar kebangsaan hingga tahun 2022 sebesar 88%. Namun, tetap perlu dilakukan sosialisasi dan edukasi agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui dan memahami 4 pilar kebangsaan ini.

Secara keseluruhan, 4 pilar kebangsaan adalah fondasi penting bagi negara Indonesia. Memahami dan menghormati 4 pilar ini membantu kita menjadi warga negara yang lebih bijak dan peduli, serta memperkuat persatuan dan kerukunan negara. Apakah Anda siap untuk menjadi bagian dari memperkuat 4 pilar kebangsaan?

Tentang Penulis
Omar Gamani Ramadan

Seorang sangat termotivasi untuk mempelajari hal-hal tentang dunia pertanian. Menjadi mahasiswa yang aktif, pekerja keras, dan rajin. Dan ingin menjadi orang yang mampu bekerja dengan tim dan selalu bersedia berkontribusi untuk mencapai kesuksesan.

Sebarkan:

Tinggalkan komentar