Pengertian Administrasi: Sempit dan Luas

Apakah Anda pernah bingung dengan perbedaan antara pengertian administrasi secara sempit dan luas? Sebenarnya, kedua istilah tersebut memiliki arti yang berbeda dan penting untuk dipahami. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan pengertian administrasi secara sempit dan luas serta perbedaan antara keduanya.

Pengertian Administrasi Secara Sempit

Secara sempit, administrasi diartikan sebagai kegiatan yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dalam mencapai tujuan organisasi. Hal ini mencakup segala aktivitas yang dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi, termasuk pembuatan keputusan, pengelolaan sumber daya, dan pengawasan kinerja.

Pengertian Administrasi Secara Luas

Secara luas, administrasi diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan oleh semua individu dan organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Hal ini mencakup segala aktivitas yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk administrasi pemerintahan, administrasi bisnis, administrasi pendidikan, dan lain sebagainya.

Perbedaan Antara Pengertian Administrasi Secara Sempit dan Luas

Perbedaan utama antara pengertian administrasi secara sempit dan luas adalah skopnya. Pengertian administrasi secara sempit lebih terfokus pada kegiatan yang dilakukan dalam organisasi, sedangkan pengertian administrasi secara luas lebih luas dan mencakup segala aktivitas yang dilakukan oleh individu dan organisasi.

Contoh Administrasi Secara Sempit dan Luas

Contoh administrasi secara sempit adalah pengelolaan sumber daya manusia di sebuah perusahaan. Sedangkan contoh administrasi secara luas adalah pengelolaan pemerintahan di suatu negara.

Data Terbaru

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat pengangguran di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 5,8%. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan-perusahaan di Indonesia masih perlu ditingkatkan untuk mengurangi tingkat pengangguran. Hal ini menjadi contoh bagaimana pengelolaan administrasi secara sempit dapat berpengaruh pada pengelolaan administrasi secara luas.

Baca:  Pengertian Ayat Jurnal Penyesuaian: Definisi & Tujuan

Kesimpulan

Secara singkat, pengertian administrasi secara sempit lebih terfokus pada kegiatan yang dilakukan dalam suatu organisasi, sedangkan pengertian administrasi secara luas lebih luas dan mencakup segala aktivitas yang dilakukan oleh individu dan organisasi. Perbedaan antara kedua pengertian tersebut penting untuk dipahami agar dapat mengelola administrasi dengan baik dan efektif. Apakah Anda sudah mengerti perbedaan antara pengertian administrasi secara sempit dan luas?

Tentang Penulis
Omar Gamani Ramadan

Seorang sangat termotivasi untuk mempelajari hal-hal tentang dunia pertanian. Menjadi mahasiswa yang aktif, pekerja keras, dan rajin. Dan ingin menjadi orang yang mampu bekerja dengan tim dan selalu bersedia berkontribusi untuk mencapai kesuksesan.

Sebarkan:

Tinggalkan komentar